Anjuran Berdoa Ketika Masuk ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Miqot.com - Menunaikan ibadah umroh atau haji ke tanah suci merupakan impian setiap muslim. Di Tanah Suci, terdapat dua masjid suci yang memiliki keutamaan luar biasa. Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Sholat di dalam keduanya membawa pahala yang beribu kali lipat.

 

Masjidil Haram memiliki arti "masjid yang memiliki tanah haram" dan terletak di kota suci Mekkah. Tanah ini dianggap sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Masjidil Haram dibangun mengelilingi Ka’bah, yang menjadi arah kiblat umat Islam dalam menjalankan ibadah shalat. Sebagai masjid terbesar di dunia, Masjidil Haram menjadi pusat spiritual bagi jutaan umat Islam yang datang dari seluruh penjuru dunia.

 

Masjid Nabawi di Madinah al-Munawarah merupakan masjid terbesar kedua di dunia. Bersama dengan Masjidil Haram, keduanya menjadi dua masjid suci utama bagi umat Muslim. Masjid Nabawi adalah tempat peristirahatan terakhir Nabi Muhammad SAW dan para sahabat. Berkunjung ke sini memberikan keteduhan dan kekhusyukan spiritual.

 

Anjuran Berdoa Ketika Masuk ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

 

Karena Masjidil Haram dan Masjid Nabawi memiliki keutamaan dan keistimewaan dibanding masjid lainnya, maka dianjurkan untuk berdoa ketika hendak masuk kedua masjid suci tersebut.

 

Doa Masuk Masjidil Haram

??????????? ?????? ?????????? ???????? ?????????? ?????????? ???????? ???????????? ????????????? ?????????? ??????????????? ??????????? ????????????? ??? ????????????? ??????????????. ??????????? ??????? ???? ????????? ?????????? ?????????????? ?????????????? ???????. ?????? ????? ??????????? ????? ???????????? ???????????? ????? ???????? ?????

 

Allahumma antassalaam, waminkassalaam fahayyinaa rabbanaa bissalaam wa adkhilnal jannata daarassalaam tabaarakta wata’aalaita yaa dzaljalaali wal ikraam. Allahummaftah lii abwaaba rahmatika wamaghfiratika wa adkhilnii fiihaa. Bismillahi walhamdulillahi wasshalaatu wassalaamu ‘alaa rasuulillaah.

 

Arti / Terjemahan:

 

Ya Allah Engkau sumber keselamatan, dan dariMu lah datangnya keselamatan itu semua. Maka sambutlah kami wahai Tuhan dengan selamat sejahtera dan masukanlah kami ke dalam surga negeriMu yang bahagia, Maha Pemberi berkat dan Maha Tinggilah Engkau wahai Tuhan yang punya keagungan dan kehormatan. Ya Allah bukakanlah untukku pintu rahmat dan ampunan, masukanlah aku ke dalam ampunanMu.

 

 Doa Masuk Masjid Nabawi

?????? ????? ??????? ??????? ???????? ????? , ????? ??????????? ???????? ?????? ????????????? ???????? ?????? ????????? ??? ???? ???????? ?????????? ????????? , ???????????? ????? ????? ?????????? ????????? ??????? ??? ?????????? ????????? , ????????? ??? ????????? ????????? ??? ????????? ?????????? ????????????? ??????? ??? ???????? ?????????????? .

 

Bismillah wa’alaa millati rasulillaahi. Rabbi adkhilnii mudkhala shidqin wa akhrijnii mukhraja shidqin waj’al lii min ladunka sulthaana nashiiraa. Allaahumma shalli ‘alaa sayyidina Muhammadin wa’alaa aali sayyidina Muhammadin, waghfir lii dzunuubii waftah lii abwaaba rahmatika wa adkhilni fiihaa yaa arhamar raahimiin.

 

Artinya: “Dengan nama Allah dan atas agama Rasulullah. Ya Allah masukkanlah aku dengan cara masuk yang benar, dan keluarkanlah pula aku dengan cara keluar yang benar, dan berikanlah padaku dari sisiMu kekuasaan yang dapat menolong. Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Muhammad dan keluarganya. Ampunilah dosaku, bukalah pintu rahmat-Mu bagiku dan masukkanlah aku ke dalamnya, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih.”

ADVERTISEMENT