Apa Fungsi Vaksin Meningitis Bagi Jamaah Haji?

miqot.com - Apa fungsi dari vaksin meningitis yang diperlukan bagi calon jamaah haji? Simak ulasannya dalam artikel ini.

 

Pemerintah RI melalui Kementerian Agama (Kemenag) tidak lagi mewajibkan vaksin meningitis bagi jamaah umroh. Namun vaksin ini masih diwajibkan bagi jamaah haji.

 

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief menjelaskan, kebijakan tersebut berpijak pada Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan tentang Pelaksanaan Vaksinasi Meningitis bagi Jemaah Haji dan Umrah tertanggal 11 November 2022. 

 

Sebelumnya, otoritas penerbangan Arab Saudi atau Sirkular GACA juga sudah menerbitkan edaran yang sama tertanggal 9 November 2022.

 

Kendati demikian, lanjut Hilman, bagi jamaah yang memiliki riwayat penyakit tersbut tetap disarankan untuk mendapatkan vaksin meningitis sebelum berangkat ke tanah suci.

 

Fungsi Vaksin Meningitis

Dikutip dari laman resmi Rumah Sakit Islam Pondok Kopi Jakarta, vaksin meningitis adalah vaksin untuk mencegah penyakit meningitis yang bisa menyebabkan peradangan pada selaput otak (meninges) dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri meningokokus. 

 

Vaksin meningitis tidak saja hanya untuk calon jamaah haji atau umroh, tetapi juga bagi semua orang yang ingin dan perlu terhindar dari penyakit tersebut.

 

Penyakit akibat infeksi bakteri meningokokus dapat memburuk dengan cepat dan membahayakan jiwa. Kalangan remaja merupakan kelompok usia yang paling berisiko tinggi untuk mengalaminya.

 

Sekitar 10-15 persen penderita meningitis meninggal dunia meski sudah mendapatkan penanganan dengan obat antibiotik. 

 

Sementara ada kira-kira 20 persen dari penderita mengalami komplikasi permanen, seperti gangguan pendengaran atau kerusakan otak. Oleh karena itu, pemberian vaksin meningitis sangat dianjurkan untuk pencegahan penyakit ini.

 

Pemberian vaksin meningitis dianjurkan untuk semua orang. Namun anak dan remaja berusia 11-19 tahun, sangat disarankan untuk menerima vaksin meningitis karena kalangan ini berisiko tinggi mengalami meningitis.

ADVERTISEMENT