Bimbingan Doa Miqat Umrah di Pesawat: Petunjuk bagi Para Jamaah

Miqot.com - Sebelum memulai perjalanan ibadah umrah, seorang Muslim wajib berihram di tempat khusus yang disebut Miqat. Miqat adalah lokasi tertentu di mana jamaah haji atau umrah memakai pakaian ihram dan berniat untuk menjalankan ibadah tersebut.

 

Berikut adalah doa miqat umrah di pesawat yang dapat dibaca para jamaah, sesuai dengan penjelasan dari Ustadz dr Raehanul Bahraen M.Sc Sp.PK. Ulama besar Syekh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah pernah menjelaskan, seperti dilansir dari Muslim.or.id.

 

"Jika seseorang berangkat haji dengan pesawat, pertama-tama hendaknya ia mandi di rumahnya, lalu memakai pakaian ihram. Memakai pakaian ihram ini bisa di rumahnya, atau bisa di pesawat. Jika sudah sejajar dengan miqat (awak pesawat akan mengingatkan jika pesawat akan melewati miqat), maka wajib berniat manasik yaitu ihram umrah atau ihram haji." 

 

"Tidak boleh baginya mengakhirkan berihram sampai di Jeddah dengan melewati miqat. Karena Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam telah menetapkan tempat-tempat miqat, beliau bersabda:

 

?? ??? ???? ??? ????? ?? ??? ????? ??? ???? ???? ?? ??????

 

Miqat-miqat tersebut adalah untuk penduduknya dan orang-orang selain penduduknya yang datang melaluinya, dari orang-orang yang hendak berhaji atau berumrah." (HR Bukhari dan Muslim)

 

Penduduk Kufah dan Bashrah mendatangi Amirul Mukminin Umar bin Khattab radhiallahu 'anhu dan mereka berkata:

 

"Wahai amirul mukminin, sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menetapkan miqat bagi penduduk Najed yaitu Qarnul Manazil, sesunggunya ia jauh dari Jalan kami."

 

Maka Umar radhiallahu 'anhu berkata: "Perhatikanlah daerah yang sejajar dengan jalan kalian (itulah miqat)."

 

Maka ini menjadi dalil bahwa jika manusia sudah sejajar dengan miqat, baik dengan jalan darat, laut atau udara maka wajib berihram ketika sejajar dengan miqat. (Majmu' Fatawa wa Rasa'il, 21/331).

ADVERTISEMENT