Ketahui 5 Keunikan dari Zamzam Tower

Miqot.com - Simak ulasan beberapa keunikan tentang Zamzam Tower yang berada tepat di depan Masjidil Haram, Kota Mekkah. 

 

Menara menjulang setinggi 279 meter ini tercatat sebagai bangunan tertinggi nomor 3 di dunia.

 

Orang menyebut bangunan dengan nama Menara Jam Makkah atau Menara Zamzam Tower. Zamzam Tower berada di kompleks Abraj al Bait, yang merupakan salah satu tujuan bagi para jamaah haji dan umroh dari seluruh dunia.

 

Siapapun yang pernah mencoba menginjakkan kakinya di lantai tertinggi Zamzam Tower, pastinya sudah merasakan keindahan serta kemegahan bangunan tersebut. 

 

Dan pemandangan paling istimewa, tentunya adalah melihat Kabah di Masjidil Haram dari ketinggian. Pengunjung Zamzam Tower juga bisa mendapatkan beragam informasi edukatif.

 

Bukan hanya itu, destinasi ini juga menyediakan tempat berbelanja, di mana para jamaah haji maupun umroh dapat dengan mudah membeli aneka macam oleh-oleh khas Kota Mekkah.

 

Berikut 5 Keunikan dari Zamzam Tower, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber:

 

1. Hotel Tower

Di kompleks ini terdapat tujuh bahagian dengan satu menara yang dinamakan Hotel Tower yang memiliki ketinggian di atas 6 menara lainnya. Hotel dikhususkan untuk apartemen dengan ketinggian menara 601 meter.

 

Hotel Tower akan dijadikan hotel berbintang tujuh. Bangunan di bawah tujuh menara ini diisi dengan lima lantai pusat perbelanjaan, ruang konferensi, dan fasilitas lain, termasuk ruang beribadah yang sanggup menampung hingga 10.000 orang.

 

2. Arsitektur

Pembangunan Kompleks Menara Abraj Al Bait ini dimulai pada tahun 2004, di mana arsitektur bangunannya dibuat oleh Al-Handasah Architechs. Kompleks Menara Abraj Al Bait tuntas pada tahun 2012.

 

3. Biaya Pembangunan

Proses pembangunannya dilakukan secara bertahap, di mana menara terakhir yang diselesaikan adalah menara Maqam. Sedangkan pembangunan komplek ini menelan biaya sebesar US$ 15 miliar, dengan pembukaan dilaksanakan pada tahun 2012.

 

4. Ketinggian Bangunan

Pada awalnya, menara tertinggi di kompleks ini, yakni Hotel Tower direncanakan memiliki tinggi 485 meter pada tahun 2006. Pada tahun 2009, diumumkan bahwa Hotel Tower akan dibangun hingga mencapai ketinggian 601 meter.

 

5. Rekor

Bangunan yang paling tinggi di kompleks Abraj Al Bait (Hotel Tower) menjadi struktur tertinggi di Arab Saudi. Luas area lantai sebesar 1.500.000 m2 yang tercatat sebagai area lantai paling luas di dunia pada saat bangunan ini selesai dibangun. 

 

Pada Juli 2013, rekor tersebut pecah bertepatan dengan selesainya New Century Global Centre, suatu bangunan multifungsi yang ada di Chengdu, China.

 

Pada bagian Hotel Tower, diletakkan jam pada

 

Di bagian puncak menara, pada setiap sisi Hotel Tower terdapat jam yang memiliki panjang dan lebar 80 meter. Keempat jam ini dipasang pada ketinggian 530 meter, sehingga menjadikan jam ini sebagai yang terbesar, sekaligus tertinggi di dunia.

 

Demikain ulasan mengenai beberapa fakta menarik dari Zamzam Tower.

ADVERTISEMENT